Friday, October 23, 2009

JUJUR ITU INDAH BROOO

Banyak orang mengatakan bahwa jujur itu susah, hidup tidak jujur saja susah apalagi berprilaku jujur. Ada pula yang mengatakan Bahwa jujur adalah mata uang yang berlaku dimana-mana.

Seorang yang bernama Imam Muhammad berjalan menyusuri sungai, ditengah perjalanan dia beristirahat, ketika Imam Muhammad duduk dipinggir sungai nampaklah olehnya sebuah apel terhanyut mengikuti arus sungai. Imam kemudian mengambilnya lalu dikarenakan rasa laparnya, maka dia memakannya. Baru setengah dia memakannya dia teringat bahwa Apel tersebut bukan miliknya. Apel tersebut tentu saja ada pemiliknya, mungkin ada pohon apel dipinggir sungai yang buahnya jatuh disungai. Tampa membuang waktu Imam berbalik arah menyusuri sungai untuk mencari asal muasal buah apael tersebut. Setelah sekitar satu jam berjalan maka dia melihat ada kebun apel dipinggir sungai. Dia pun mengucap salam ketika melihat ada seorang yang bekerja di kebun apel tersebut dan memulai pembicaraan." Mohon maaf pak, saya menemukan buah apel ini hanyut disungai, karena saya lapar maka saya memakannya, kemudian baru setengah saya makan saya teringat buah ini pasti ada pemiliknya dan sesungguhnya saya tidak berhak memakannya sebelum mendapat ijin dari pemiliknya. Mohon Bapak dapat memaafkannya dan mengiklaskan buah apel yang telah saya makan ini. " kata Imam Muhammad sereya menyerahkan buah sisa separuh buah apale tersebut. Pemilik kebun apel meneliti sisa buah apel tersebut kemudian berkata " buah apel ini memang milik saya, karena anda sudah memakannya tanpa se ijin saya maka anda harus menggantinya dengan bekerja selama 1 tahun dikebun ini tanpa bayaran". Imam Muhammad terkejut, tapi kemudian dia ingat sesuatu yang termakan tanpa hak, hukumnya haram dan itu bagaikan memasukan bara api neraka ke dalam perut. Baiklah pak saya setuju.

Imam Muhammad pun bekerja dengan tekun, kemudian setelah setahun dia minta ijin untuk meninggalkan kebun tersebut. Namun tanpa disangka sang pemilik kebun tidak mengijinkannya dengan alasan dia akan dinikahkan dengan putrinya. Imam pun setuju. Pemilik kebun berkata:
" Anda jangan senang dahulu, putri saya, bisu dan tuli. bagaimana ?"
" Baiklah saya Setuju" jawab Imam.
Kemudian dilangsungkan proses pernikahan dimana kedua mempelai berada dalam ruang terpisah.
Ketika selesai akad nikah, Imam Muhammad menemui istrinya tersebut di kamar, sambil mengucap salam
"Assalamualaikum "
"Walaikumsalam" jawab seorang gadis cantik rupawan di dalam kamar.
Imam Muhammad terpenjat, kemudian dia bergegas keluar kamar menemui pemilik kebun.
"Bapak siapakah gadis dikamar tersebut"
" Oh itu istrimu anakku" jawab pemilik kebun
"Bukankah bapak katakan dia bisu dan tuli, lalu kenapa dia dapat menjawab salamku"
" Hai Imam Muhammad, sesungguhnya sewaktu pertemuan pertama kita dahulu, aku terkesan dengan ke jujuran dan ketulusan hatimu. Dan setelah bekerja setahun, aku tahu engkau adalah seorang yang dapat dipercaya, maka aku sekali lagi mengujimu dengan mengatakan anakku bisu tuli, ternyata engkau memang orang jujur dan terpercaya, sesungguhnya anakku tidaklah bisu dan tuli, dialah hakmu.

Ternyata Imam Muhammad mendapatkan istri yang sholeha, cantik rupawan, maka selanjutnya dari perkawinan mereka lahirlah seorang anak yang bernama Imam Syafei. Salah satu dari 4 Imam besar yang Mahzabnya banyak di ikuti umat Islam Idi ndonesia.
Jujur itu memang indah. Orangtua berakhlak baik melahirkan anaknya yang berakhlak baik pula.

No comments:

Post a Comment

Alifia Ikutan Nari katanya