Saturday, September 17, 2011

JUJUR ITU INDAH

Banyak orang mengatakan bahwa jujur itu indah, hidup tidak jujur saja susah apalagi berperilaku jujur. Adapula yang mengatakan bahwa jujur adalah mata uang yang berlaku dimana-mana .
Seorang yang bernama imam muhamad berjalan menyusuri sungai ,ditengah perjalanan dia beristirahat, ketika imam muhamad duduk di pinggir sungai nampaklah olehnya sebuah apel yang terhanyut mengikuti arus sungai. imam kemudian mengambilnya lalu dikarnakan rasa laparnya, maka dia memakanya. Baru setengah dia memakanya dia teringat bahwa apel tersebut bukan miliknya. Apel tersebut tentu saja ada pemiliknya , mungkin ada pohon apel dipinggir sungai yang buahnya jatuh di sungai. Tanpa membuang waktu imam berbalik arah menyusuri sungai untuk mencari asal muasal buah apel tersebut setelah satu jam berjalan maka dia melihat ada kebun apel di pinggir sungai. Diapun mengucap salam ketika melihat ada seorangyang berkerja dikebun apel tersebut dan memulai pembicaraan.

Mohon maaf pak saya menemukan buah apel ini hanyut disungai,karena saya lapar maka saya memakanya,kemudian baru setengah saya makan sayateringat buahini pasti ada pemilikya dan sesungguhnya sayatidak berhak memakanya sebelum mendapat izin dari pemiliknya.mohon bapak dapat memaafkanya dan mengikhlaskanya buah apel yang telah saya makan ini.kata imam muhamad serea menyerahkan buah sisa separuh buah apel tersebut.pemilik kebun apel meneliti sisa buah apel tersebut kemudian berkata,buah apel ini memang milik saya,karena anda sudah memakanya tanpa seizin saya maka anda harus menggantinya dengan bekerja selama satu tahun dikebun ini tanpa bayaran.imam muhamad terkejut,tapi kemudian dia ingat sesuatu yang termakan tanpa hak,hukunya haram dan itu bagaikan memasukan bara api neraka kedalam perut baiklah saya setuju.imam muhamadpun bekerja dengan tekun,kemudian setelah setahun dia minta izin untuk meninggalka kebun tesebut.namun tanpa disata sang pemilik kebun tidak mengizinkanya dengan alasan dia akan dinikahkan dengan putrinya.imampun setuju.pemilik kebun berkata:
Anda jangan senang dahulu ‘putri saya’bisu dan tuli. Bagaimana
Baiklah saya setuju jawab imam kemudian dilangsungkan proses pernikahan dimana kedua mempelai berada dalam ruang terpisah.
Ketika selesai akad nikah, imam mumhamad menemui istrinya tersebut di kamar, sambil mengucapkan salam assalamualaikum
Waalaikumsalam jawab seorang gadis cantik rupawan didalam kamar imam muhamad terpenjat, kemudian ia bergegas keluar kamar menemui pemilik kebun.
Bapak siapakah gadis dikamar tersebut,
Oh itu istrimu anaku, jawab pemilik kebun
Bukanlah bapak katakan dia bisu dan tuli, lalu kenapa dia dapat menjawab salamku, hai imam muhamad, sesungguhnya sewaktu pertemuan pertama kita dahulu, aku terkesan dengan kejujuran dan ketulusan hatimu. Dan setelah berkerja setahun, aku tau engkau adalah seorang yang dapat di percaya , maka aku sekali lagi mengujimu dengan mengatakan anaku bisu dan tuli,ternyata engkau memang orang jujur dan terpercaya, sesungguhnya anaku tidaklah bisu dan tuli, dialah hakmu.
Ternyata imam muhamad mendapatkan istri yang solehah, cantik rupawan ,maka selanjutnya dari perkawinan mereka lahirlah seorang anak yang bernama imam syafei salah satu dari 4 imam besar yang mahjabnya banyak diikuti umat islam di indonesia. Jujur itu memang indah. Orang tua berakhlak baik melahirkan anaknya yang berakhlak baik pula

No comments:

Post a Comment

Alifia Ikutan Nari katanya